3 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Obat

Mata ikan adalah penebalan pada kulit yang berbentuk bulat yang memiliki ukuran lebih kecil daripada kapalan, mempunyai bagian tengah keras, serta dikelilingi oleh kulit yang meradang. Gangguan mata ikan ini juga dapat disertai dengan rasa nyeri, luka, infeksi, dan juga mengganggu keindahan kulit . biasanya mata ikan ini merupakan bukan kondisi yang serius. Bagi kamu yang sedang mengalami mata ikan dan mencari cara menghilangkan mata ikan, berikut adalah cara menghilangkan mata ikan dengan obat.

1. Retinoid

Janis Retinoid yang dipakai untuk obat mata ikan adalah tretinoin topikal. Tretinoin topikal ini memiliki bentuk krim atau gel yang cara digunakannya hanya dioleskan pada bagian yang terkena mata ikan. Memiliki fungsi agar mengobati luka yang ada agar cepat sembuh. Kandungannya bisa juga ditemukan dalam obat atralin, avita, atau refissa. Obat ini dapat kamu beli dalam dosis 0,025% persen, 0,05% persen, dan 0,1 persen.

2. Keratolytic agents

Keratolytic merupakan zat yang dapat melarutkan protein atau keratin yang ada dalam mata ikan dan kulit mati di sekitarnya. Zat ini merupakan zat yang nantinya bisa membuat lapisan kulit melembut menjajdikannya lebih mudah untuk mengelupas. Berikut jenis obat dari Keratolytic.

  • Asam salisilat

Asam salisilat merupakan kandungan yang paling umum ditemukan dalam kandungan obat mata ikan yang dapat kita temui di apotek. Bentuk obat yang mengandung asam salisilat bisa berupa dalam bentuk cair, gel, pad, atau plester. Asam salisilat ini memiliki fungusi untuk melembutkan lapisan kulit mati sehingga lebih mudah dihilangkan. Asam salisilat ini ringan dan tidak menyebabkan rasa sakit.

Untuk bentuk obatnya, salah satu obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati mata ikan kamu adalah plester mata ikan. Plester ini berbentuk cincin karet tebal yang mempunyai permukaan perekat dan juga mengandung asam salisilat. Plester ini bekerja dengan cara menarik mata ikan kamu, sehingga mengurangi tekanan pada bagian yang sakit.

Baca Juga :  Kelebihan Alat Cukur Rambut Elektrik

Tetapi saat pemakaian plester ini kamu harus berhati-hati ya, karena ditemukan beberapa kasus plester mata ikan ini bisa menyebabkan pengerasan pada kulit yang lebih tipis di sekitar kulit yang mengalami mata ikan. Sebaiknya sebelum memakai plesternya, kamu baca cara petunjuk pemakaiannya untuk menghindari hal tersebut, juga agar mata ikan agar  sembuh dengan optimal.

  • Urea

Urea merupakan obat yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan kondisi iktiosis. Iktiosis sendiri adalah ganggunan pada pembentukan lapisan kulit pada bagian keratin. Gangguan ini membuat kulit jadi kasar, bersisik, dan menebal seperti pada mata ikan. Dalam pengobatan mata ikan pada kaki, urea bisa kamu temui pada Aquadrate, Calmurid, Carmol, atau Nutraplus yang berbentuk krim.

  • Ammonium laktat

Amonium laktat merupakan kandungan yang bisa mengikis pada bagian kulit yang berada di lapisan kulit mati, sehingga dapat menipiskan kulit yang menebal. Penebalan kulit yang diakibatkan oleh mata ikan akan dikikis dengan obat amonium, juga dapat melembutkan kulit kering dan bersisik.

Amonium laktat yang biasanya digunakan untuk mengatasi mata kaki adalah amonium laktat 12 persen yang berupa krim atau salep. Kandungan ammonium laktat 12 persen ini biasanya ditemukan dalam obat AmLactin, Lac-Hydron, dan Lactinol.

3. Kortikosteroid

Kortikosteroid ini mempunyai sifat yang berupa anti peradangan, sangat cocok digunakan pada mata ikan yang memiliki benjojlan tumbuh ke dalam dan semakin mengganggu. Obat yang memiliki kandungan ini biasanya diberikan oleh dokter dalam bentuk suntikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *